Logo

Entrepreneurship

Apa itu Entrepreneurship di Kampus Santa Ursula?

Model Pembelajaran

Kampus Santa Ursula sejak tahun 2008 merupakan sekolah pertama di Kota Bandung yang menerapkan pembelajaran Entrepreneur. Hal ini tidak berarti menuntut anak menjadi seorang pengusaha sukses saja. Namun, lebih berfokus pada penanaman pola pikir seorang entrepreneur. Peserta didik akan mendapatkan bekal untuk menghadapi tantangan abad 21. Mereka bisa peka terhadap isu yang berkembang di sekitar, menumbuhkan kepedulian serta menjadi seorang yang kreatif dan inovatif dalam mengatasi masalah yang ditemui. Tak terhenti pada pelaksanaan proyek, namun peserta didik diharapkan mampu berefleksi tentang proses pembelajaran dan menjadikannya bekal untuk mengembangkan diri lebih baik lagi.

Pelaksanaan model pembelajaran ini dilaksanakan pada bentuk proyek kolaborasi. Proyek kolaborasi yang dimaksud bisa berupa gabungan beberapa mata pelajaran dalam naungan 1 tema besar. Selain itu, juga bisa dimulai dari tema dan merupakan pengembangan ide dari para peserta didik. Berdasarkan Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan pada Kampus Santa Ursula, Proyek ini merupakan salah satu penyesuaian dengan Proyek Profil Pelajar Pancasila. Nilai yang ditanamkan merupakan integrasi dari profil pelajar pancasila dan nilai Serviam.

 

Empat Tahap Pembelajaran

  • EXPLORING - Proses pencarian peluang inovasi dan kepedulian berdasarkan masalah yang ditemui.

  • SYNCHRONIZING - Proses sinkronisasi ide dengan kebutuhan masyarakat.

  • EXPERIMENTING - Proses eksperimen dan penentuan nilai (inovasi) yang akan ditawarkan.

  • EXECUTING - Proses eksekusi dan refleksi untuk mencapai keberhasilan.

 

Bentuk dan Arti Logo Learning Cycle

Filosofi / Makna dari Logo Kampus Santa Ursula Bandung 

  • Warna Merah (berani) : Terbiasa berpikir kritis dalam mengembangkan kepedulian berlandaskan nilai SERVIAM.

  • Warna Biru (Kebebasan) : Proses pembentukan pribadi yang terbiasa menemukan ide dan peluang inovasi. 

  • Warna Ungu (Visioner) : Proses penemuan keunggulan produk yang dihargai publik.

  • Warna Hijau (Pertumbuhan) : Merayakan pencapaian pribadi yang bertumbuh

  • Bintang : Menggambarkan Ursa Minor/beruang kecil yang menggambarkan Santa Ursula.

  • Salib : Memancarkan sukacita dalam hidup dan percaya diri sebab Kristus telah bangkit.

  • Warna Hijau : Hari yang dipenuhi dengan harapan dan kemungkinan.

  • Warna Putih : Tulus dalam  segala sesuatu yang dilakukan dan diharapkan.